Login

Masuk dan Daftar untuk menjadi bagian dari kami.

Perjanjian Layanan Domain

Definisi Layanan

Layanan Domain adalah layanan pendaftaran nama domain internet.
Dalam Layanan Domain, HostNesia dapat bertindak sebagai Registrar di bawah Registry ekstensi domain tertentu atau sebagai Reseller dari Registrar lain.

  • Auto-Renew Grace Period adalah masa setelah domain kedaluwarsa hingga 40 hari.

  • Redemption Grace Period adalah masa setelah Auto-Renew Grace Period berakhir, hingga 35 hari berikutnya.


Hak dan Kewajiban Pelanggan

Pelanggan berhak:

  • Mengakses dan mengelola domain yang didaftarkan.

  • Melakukan perubahan:

    • Nameservers

    • Data WHOIS, sesuai ketentuan ICANN atau Registry

  • Memperpanjang atau mentransfer domain ke registrar lain, kecuali dalam kondisi berikut:

    • Melanggar Kebijakan Penggunaan

    • Melanggar Perjanjian dengan HostNesia

    • Melanggar hukum di Indonesia

    • Melanggar aturan Registrar, Registry, atau ICANN

    • Terlibat dalam tindakan kriminal

    • Masuk dalam proses sengketa domain (UDRP)

    • Domain berada dalam periode:

      • 60 hari sebelum atau sesudah diperpanjang

      • Auto-Renew Grace Period (0–40 hari setelah kadaluarsa)

      • Redemption Grace Period (0–35 hari setelah Auto-Renew Grace Period)

      • Pending Delete (0–5 hari setelah Redemption Grace Period)

  • Mendapatkan pengingat sebelum masa berlaku domain berakhir

Pelanggan wajib:

  • Tunduk pada hukum Indonesia

  • Mematuhi aturan Registrar, Registry, dan ICANN

  • Menjaga komponen terkait domain (website, email, subdomain, dll) agar sesuai Kebijakan Penggunaan


Hak dan Kewajiban HostNesia

HostNesia wajib:

  • Menyediakan panel pengelolaan domain untuk pelanggan

  • Menyampaikan pemberitahuan pembayaran dan pengingat melalui email utama

  • Menyediakan jaminan layanan seperti tercantum dalam Jaminan Layanan

HostNesia berhak:

  • Mengubah fitur dalam panel pengelolaan domain tanpa pemberitahuan sebelumnya

  • Menolak transfer, menghapus, atau menghentikan layanan domain, sementara maupun permanen, jika domain:

    • Melanggar Kebijakan Penggunaan

    • Melanggar Perjanjian

    • Melanggar hukum

    • Melanggar aturan ICANN/Registrar/Registry

    • Terlibat dalam tindakan kriminal


Penghentian dan Penghapusan Layanan

  • HostNesia berhak menghentikan layanan sementara atau permanen jika terjadi pelanggaran terhadap Perjanjian, Perjanjian Layanan, atau Kebijakan Layanan, tanpa kewajiban mengganti kerugian material atau imaterial.

  • Layanan Domain akan disuspend jika pembayaran belum dilakukan pada saat jatuh tempo atau domain telah habis masa berlakunya.

  • Domain akan dihapus apabila tidak diperpanjang hingga akhir masa Auto-Renew Grace Period (0–40 hari setelah kadaluarsa).

  • Selama Redemption Grace Period (0–35 hari setelah Auto-Renew Grace Period), domain masih dapat diperpanjang dengan membayar biaya restore.


Kebijakan Penyelesaian Perselisihan Domain (UDRP)

Pelanggan wajib:

  • Tunduk pada kebijakan ICANN mengenai penyelesaian sengketa nama domain (UDRP), sebagaimana tercantum di:

  • Tunduk pada Peraturan Menteri Kominfo No. 23 Tahun 2013 dalam hal terjadi perselisihan nama domain di Indonesia

  • Menyetujui bahwa kebijakan UDRP dapat berubah sewaktu-waktu oleh ICANN (atau penggantinya)

  • Menerima bahwa apabila terdapat pihak ketiga yang mengklaim domain yang digunakan, maka Pelanggan akan tunduk pada prosedur penyelesaian sengketa yang berlaku

Pelanggan juga menyetujui untuk membebaskan HostNesia, Registrar, Registry, dan ICANN dari segala tuntutan hukum terkait kerugian atas domain yang disengketakan.


Biaya

Biaya Layanan Domain terdiri dari:

  • Biaya Pendaftaran

  • Biaya Perpanjangan

  • Biaya Transfer

  • Biaya Restore (pemulihan)

Semua biaya dapat dilihat di halaman resmi HostNesia:
👉 https://hostnesia.id/harga-domain

HostNesia Indonesia

HostNesia adalah platform layanan penyedia Domain & Hosting terbaik di Indonesia.

Keamanan Transaksi

Transfer

Program

Pembayaran

Perusahaan

Scroll to Top