Definisi Layanan
Layanan Hosting adalah layanan penyimpanan data website dan email milik Pelanggan di server milik HostNesia agar dapat diakses melalui internet.
Fitur-fitur dari Layanan Hosting HostNesia dapat dilihat di halaman:
https://hostnesia.id/web-hosting
Hak dan Kewajiban Pelanggan
Pelanggan berhak:
- Mendapatkan Layanan Hosting sesuai fitur dan spesifikasi paket hosting yang digunakan sebagaimana tercantum di halaman produk hosting HostNesia.
- Mendapatkan dukungan pelanggan dalam batasan yang telah ditentukan oleh HostNesia.
Pelanggan wajib:
- Mematuhi Kebijakan Penggunaan Layanan yang berlaku di HostNesia.
Hak dan Kewajiban HostNesia
HostNesia wajib:
- Memberikan akses ke Layanan Hosting melalui Control Panel, FTP, atau metode lainnya.
- Menyediakan jaminan layanan sebagaimana tercantum dalam bagian Jaminan Layanan.
- Melakukan penagihan dan pengingat melalui media komunikasi utama yaitu email.
HostNesia berhak:
- Melakukan perubahan pada fitur-fitur Layanan Hosting yang tertera di halaman produk tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Melakukan penghapusan atau tindakan lain terhadap konten website Pelanggan apabila terbukti melanggar Kebijakan Penggunaan.
Jaminan Layanan
1. Jaminan Koneksi Internet
HostNesia menjamin konektivitas internet sebesar 99% uptime per bulan, tidak termasuk downtime karena maintenance yang sudah diumumkan sebelumnya.
Klaim atas konektivitas hanya berlaku jika gangguan melebihi batas 1% uptime dalam satu bulan dan terjadi dalam satu waktu, bukan akumulasi dari beberapa gangguan kecil.
2. Jaminan Uptime Server
HostNesia menjamin uptime server sebesar 99% per bulan, di luar downtime karena pemeliharaan rutin yang dapat menyebabkan server reboot.
Downtime karena maintenance ini tidak diperhitungkan dalam uptime.
Klaim atas uptime server hanya berlaku jika downtime melebihi 1% dalam sebulan dan terjadi dalam satu waktu.
3. Jaminan Keamanan Data
HostNesia menjamin keamanan data pelanggan meliputi:
- File website
- Database
- Data dalam direktori hosting
Selama bukan disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Pelanggan, seperti:
- Perangkat tidak aman (terkena virus, keylogger, dll)
- File/folder memiliki permission tidak aman (misal
777) - Penggunaan script yang memiliki celah keamanan
- Memberikan akses hosting ke pihak lain
Backup:
- Dilakukan 1 minggu sekali pada hari tertentu
- Hanya tersedia 1 set backup (mingguan terakhir)
- Restore hanya bisa dilakukan berdasarkan backup minggu sebelumnya
4. Klaim Kegagalan Jaminan
- Klaim dapat diajukan maksimal 7 hari setelah gangguan terjadi
- Klaim harus menyertakan hasil traceroute ke domain saat gangguan
- Klaim tidak berlaku jika:
- Gangguan dari ISP Pelanggan
- Masalah pada route di luar kendali HostNesia
- Force majeure (bencana, insiden besar)
- Layanan dalam status suspended/cancelled/terminated
- Pelanggaran terhadap Kebijakan Penggunaan
Jika klaim disetujui, kompensasi dapat berupa:
- Pengembalian biaya hosting selama 1 bulan, atau
- Perpanjangan masa aktif hosting selama 1 bulan
Penghentian dan Penghapusan Layanan
- HostNesia berhak menghentikan layanan sementara atau permanen jika Pelanggan melanggar Perjanjian, Perjanjian Layanan, atau Kebijakan Layanan, tanpa kewajiban mengganti kerugian.
- Layanan akan disuspend apabila tidak dibayarkan saat jatuh tempo.
- Seluruh data dan backup akan dihapus 7 hari setelah jatuh tempo jika belum dilakukan pembayaran.
- Jika backup masih tersedia dan Pelanggan ingin reaktivasi, dapat meminta restore dengan biaya tertentu.
- Penghapusan layanan tidak menghapus kewajiban pembayaran jika masih terdapat tagihan dengan sistem pascabayar (post-paid).